Berita Bitcoin : Alasan Kazakhstan Tidak Melarang Peredaran Bitcoin

Berita Bitcoin – Selama beberapa hari terakhir, crypto media telah digerakkan oleh berita bahwa pemerintah Kazakhstan sedang mempertimbangkan larangan penambangan cryptocurrency.

Ini diarahkan oleh Daniyar Akishev, Gubernur Bank Nasional Kazakhstan. Apakah negara benar-benar akan menjadi orang pertama yang melarang penambangan, atau apakah itu hanya pernyataan oleh pejabat yang tidak memahami teknologi? Mari kita lihat lebih dekat apa yang sebenarnya terjadi di Kazakhstan.


“Mengapa Beberapa Orang Ingin Melarang Penambangan”


Berita Bitcoin – Inilah Mengapa Kazakhstan Tidak Akan Melarang Penambangan dan Cryptocurrency

Selama 80 tahun, Kazakhstan adalah bagian dari Uni Soviet, di mana kewirausahaan diperlakukan sebagai tindak kriminal. Membeli dan menjual komoditas apa pun oleh individu pribadi dianggap menguntungkan, dapat dihukum dengan hukuman penjara hingga tujuh tahun dan penyitaan properti. Kewirausahaan yang belum berkembang, bersama dengan ketidakmampuan untuk mereorientasi ekonomi dan lambatnya laju inovasi, masih menghambat perkembangan sebagian besar negara pasca-Soviet.

Di Kazakhstan modern, sebagian besar manajer perusahaan besar, serta pejabat tingkat atas, telah menerima pendidikan Barat melalui program negara “Bolashak” yang sepenuhnya menutupi biaya. Banyak dari mereka adalah lulusan Ivy League. Negara ini bergerak maju berkat orang-orang ini. Mereka yang berpikir di akhir abad ke-20 menahannya.

Gubernur Bank Nasional tidak pernah bekerja dalam bisnis. Dia lulus dari Institut Ekonomi Nasional, di Kazakhstan pada tahun 90-an, dan sekarang berusaha membawa negara itu kembali ke dekade itu.

Berita Bitcoin – Inovasi Kazakhstan

Sejumlah besar uang dibelanjakan untuk mendigitalkan Kazakhstan. 70% dari produk domestik bruto negara berasal dari penjualan sumber daya mineral seperti minyak, gas, dan batu bara. Pemerintah bertujuan untuk mengurangi ketergantungan negara pada mineral sebelum minyak habis, atau harganya turun lagi, memprovokasi krisis ekonomi lain.

Kemajuan sudah dibuat. Misalnya, Kazakhstan memiliki e-government terbaik di kawasan ini, bahkan lebih baik daripada Rusia. Pada 2015-2016, peringkat Doing Business menempatkan negara di antara pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Dalam hal PDB, Kazakhstan berada di urutan kedua setelah Federasi Rusia di wilayahnya.

Bank Nasional Tidak Memiliki Kewenangan untuk Melarang Penambangan

Namun demikian, masih ada orang di negara ini yang mencoba untuk “melarang semua yang tidak mereka pahami.” Pada bulan Oktober 2017, Gubernur Bank Nasional mengatakan bahwa dia tidak benar-benar memahami apa itu cryptocurrency. Dilihat oleh pernyataan terbarunya, dia masih belum “mengetahuinya”. Secara teoritis, penambangan dan perdagangan token hanya dapat dilarang oleh Kementerian Pembangunan Ekonomi. Namun, tidak ada pejabat dari departemen itu yang membuat pernyataan seperti itu.

Sikap Bank Nasional tidak sesuai dengan kebijakan negara Kazakhstan dan belum disetujui oleh badan pemerintah lainnya. Kami telah menyaksikan preseden serupa di Nigeria dan Korea Selatan, di mana para pejabat dengan sedikit atau tidak ada pemahaman tentang konsep cryptocurrency dan blockchain mencoba untuk melarang mereka. Mereka “ditampar” oleh kepemimpinan negara mereka dan tidak pernah mengulangi upaya ini.

Karena blockchain dan cryptocurrency saling terkait erat, larangan blockchain akan membatalkan kebijakan pemerintah dari beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini, tarif listrik di Kazakhstan adalah yang terendah di dunia. Di wilayah utara negara 1 kWh biaya kurang dari 1 sen (USD). Kementerian Perekonomian Nasional Kazakhstan memperkirakan kapasitas berlebih di 3.500 MW.

Jika kelebihan listrik dijual ke pertambangan, Kazakhstan dapat menerima hingga $ 1 miliar pendapatan tambahan setiap tahun dan akan mampu bersaing dengan China dan Kanada di sektor pertambangan cryptocurrency. Saya yakin Gubernur NBK mulai melihat sendiri bahwa kemajuannya tidak terhentikan dan tidak ada yang menghalangi jalannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *